Calon Gubernur Jawa Barat 2024 Ilham Habibie : Demokrasi Cinta -->
Cari Berita

Advertisement

Calon Gubernur Jawa Barat 2024 Ilham Habibie : Demokrasi Cinta

admin
Kamis, 20 Juni 2024


DR ILHAM ILYAS SHMM


Jabar - Pilkada Gubernur Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 memiliki calon Gubernur yang mengejutkan banyak pihak. Ilham Habibie adalah nama yang dimaksud. Anak sulung Presiden ke 3 Republik Indonesia BJ Habibie. 


Ilham Habibie dikenal sebagai ahli dalam bidang industri pesawat terbang merasa terpanggil untuk berkontribusi mengabdi kepada Bangsa Indonesia melalui Pilkada Gubernur Jawa Barat. Partai yang secara resmi memberi dukungannya yaitu Partai Nasdem. 


Partai Nasdem tidak bisa jalan sendiri, perlu koalisi dengan Partai lainnya sehingga masih dinamis terkait siapa saja yang akan mengusung Ilham Habibie, calon wakilnya, atau bahkan tidak menutup kemungkinan Ilham Habibie menjadi calon wakilnya. 


Calon lain yang berpeluang maju dalam Pilkada Gubernur Jawa Barat antara lain Dedi Mulyadi mantan Bupati Purwakarta yang saat ini merupakan kader Partai Gerindra, Bima Arya mantan Walikota Bogor kader Partai PAN, bahkan tidak menutup kemungkinan Ridwan Kamil sebagai mantan Gubernur Jawa Barat kader Partai Golkar yang juga dikabarkan maju di Pilkada Gubernur Jakarta.


Mampukah Ilham Habibi merebut simpati masyarakat Jawa Barat? Seberapa besar peluang Ilham Habibie memenangkan pertarungan melawan pesaing yang lebih “senior”? Apa yang ditawarkan oleh Ilham Habibie?


Selalu ada yang pertama kali. Contoh kongkrit adalah Jokowi yang tidak ada latar belakang dunia politik. Dikenal sekaligus “diremehkan” sebagai pengusaha mebel dari Solo. Maju Pilkada Walikota Solo menang 2x. Maju Pilkada Gubernur DKI Jakarta juga menang. 


Bahkan Pilpres 2x lawan Prabowo Subianto juga menang. Jadi walau masih baru ikut kontestasi Pilkada, Ilham Habibie juga punya peluang buat menang.


Salah satu yang mendukung Ilham Habibie untuk maju pada Pilkada Gubernur Jawa Barat 2024 yaitu DR Ilham Ilyas, SHMM, Ketua Suara Hati Rakyat Indonesia. 


“Pak Ilham Habibie akan meneruskan perjuangan sang ayahanda, BJ Habibie, untuk mengabdi kepada Bangsa Indonesia melalui Pilkada Gubernur Jawa Barat, Pak Ilham Habibie adalah Anugerah dari Allah SWT untuk Jawa Barat, perjuangkan Demokrasi Cinta maka cinta akan menemukan jalannya untuk menang” ucap Ilham Ilyas dengan bersemangat atas kehadiran Ilham Habibie dalam Pilkada Gubernur Jawa Barat. 


Ilham Ilyas akan mengerahkan seluruh upaya untuk memenangkan Ilham Habibie menjadi Gubernur Jawa Barat. 


“Kami akan menggunakan jalan Demokrasi Cinta, karena hanya dengan kekuatan cinta yang akan mempersatukan masyarakat Jawa Barat, Pak Ilham Habibie memperjuangkan lapangan kerja, hal yang diperlukan banyak keluarga untuk memperjuangkan kesejahteraan keluarganya, sangat layak untuk diperjuangkan," jelasnya.


Dalam diskusi di TV Nasional, Ilham Habibie ingin memajukan Jawa Barat mengembangkan sektor industri di Jawa Barat dimana hal ini bukan hal baru, juga bukan dimulai dari nol tetapi perlu fokus dalam mengembangkan industri yang sudah ada serta membuka kawasan Industri potensial di Jawa Barat sehingga membuka banyak lapangan kerja diiringi dengan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia. 


Langkah strategis ini akan meningkatkan pertumbuhan Ekonomi, kesejahteraan masyarakat Jawa Barat dan ikut serta menjadikan Indonesia Emas tahun 2045 mendatang melalui Jawa Barat Emas terlebih dahulu


Ilham Habibie diharapkan bergerak lebih cepat. Konsolidasi mesin partai, relawan, lebih sering turun ke masyarakat, menjelaskan dengan lebih sederhana apa yang akan diberikan kepada masyarakat Jawa Barat sehingga mereka akan memilih Ilham Habibie dibandingkan calon lainnya. 


Ilham Habibie juga perlu memanfaatkan teknologi dalam kampanyenya nanti karena Jawa Barat yang luas dan dengan pemilih terbesar di Indonesia (35 jutaan pemilih) maka diperlukan berbagai sumber daya yang solid untuk memenangkan Ilham Habibie.


Walau pemilih Jawa Barat 35 Jutaan suara namun untuk memenangkan Pilkada Gubernur Jawa Barat tidak harus 50% + 1 suara. Cukup suara terbanyak walau 35% suara selama unggul dari pesaing lainnya maka langsung ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Gubernur Jawa Barat. 


Oleh karena itu perlu pemetaan yang objektif wilayah yang potensial untuk dimenangkan, serta wilayah yang masih punya peluang untuk merebut suara. Sementara untuk wilayah yang kemungkinan besar menjadi pemilih potensial pasangan lain bisa dilepas untuk tidak menjadi prioritas.


Berdasarkan data pemilih di Jawa Barat terdapat 40% merupakan pemilih pemula. Pemilih Gen Z diperlukan penanganan khusus untuk mendapat dukungan suara. Media sosial merupakan sarana kampanye yang efektif untuk minimal awarenesskehadiran Ilham Habibie dalam kontestasi Pilkada Jawa Barat. 


Belajar dari Komeng yang bisa mendapat suara 5,3 Juta dengan foto yang iconic, lucu dan jujur merupakan daya Tarik yang perlu didalami lebih lanjut. Gen Z perlu mengetahui apa yang akan ditawarkan Ilham Habibie kepada mereka di masa depan. Peluang dan harapan yang bisa mereka aplikasikan dalam kehidupan masa depan mereka.


Ilham Habibie yang katanya bermimpi saja berbahasa Jerman, sudah saatnya mulai bermimpi dalam Bahasa Sunda. Bermimpi menjadi pemimpin yang akan Menjadikan Jawa Barat Emas dengan Demokrasi Cinta untuk seluruh masyarakat Jawa Barat