Muzayyin Hidupkan Tradisi Berkuda di Sinjai Melalui Kejurda Pordasi Sulsel -->
Cari Berita

Advertisement

Muzayyin Hidupkan Tradisi Berkuda di Sinjai Melalui Kejurda Pordasi Sulsel

admin
Jumat, 02 Agustus 2024


SHRI.com - Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sulawesi Selatan, memilih Kabupaten Sinjai sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Berkuda. Lokasinya berada Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur.


Ketua Pordasi Sulsel, Muzayyin Arif menuturkan, dipilihnya Sinjai sebagai tuan rumah karena melihat sejarah panjang kabupaten tersebut yang sangat identik dengan kuda.


"Selain mengangkat perekonomian masyarakat sekitar, kita juga berharap event ini bisa memicu gairah untuk kembali memeriahkan tradisi berkuda di Sinjai," tutur Muzayyin.


Muzayyin menambahkan, olahraga menjadi salah satu bidang yang diyakininya bisa menghadirkan kemaslahatan bagi Sinjai. Terutama dalam menyalurkan bakat dan minat para pemuda.


"Pekan lalu saya buka turnamen sepak bola. Pekan ini kejuaraan berkuda. Kita galakkan event olahraga karena memiliki banyak nilai positif," ucapnya. 


Pada Jumat (2/8/2024) pagi, event ini dimulai dengan melombakan kategori berkuda memanah. Pada lomba berkuda memanah ada dua kategori, yaitu Serial Sute, memanah dengan menggunakan 5 anak panah trek lurus 150 M, dan kategori Indonesian Style, menggunakan tombak dengan tiga kali menusuk, melempar tombak dan sekali melepaskan anak panah.


Kategori ini diikuti salah satunya oleh atlet muda dari Kota Makassar bernama Ahmad Fauzi (19 tahun). Fauzi salah satu rider termuda yang hadir pada event berkuda tersebut. Ia takjub dengan arena yang disiapkan Pordasi Sulsel di Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur.


Fauzi mengatakan, awal mula dirinya terjun pada kegiatan berkuda karena kecintaan orang tua pada olahraga berkuda.


"Orang tua kebetulan juga hobi pacuan kuda, saya mulai naik kuda sejak 2009 dan telah mengikuti beberapa event nasional seperti Pacu, Horseback Archery (HBA) dan yang paling jauh yang saya ikuti yaitu kategori Equestrian dilaksanakan di Malaysia." ucapnya.


Berkuda memanah jelasnya banyak tantangan, salah satunya tentang tempo dan keseimbangan di atas kuda. Apalagi ungkapnya, lokasi di Sinjai berada di bibir pantai.


Juara berkuda Pordasi Sulsel di Kabupaten Sinjai khususnya berkuda memanah, nantinya berpeluang mewakili Sulawesi Selatan pada eksibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara pada September mendatang.